Sabtu, 04 Februari 2012

YANG MEMBUAT BAHAGIA


YANG MEMBUAT BAHAGIA



            Menurut Myers, profesor psikologi di Hope College, Michigan, dan ED Diener, profesor psikologi di Universitas Illinois, banyak hal yang membuat orang bahagia, puas dengan hidupnya.

          Pertama, orang yang mencintai dirinya sendiri. Ia menghargai kelebihan dan kekurangannya, punya rasa percaya diri yang besar, dan menganggap dirinya lebih bermoral, pintar, dan sehat ketimbang orang lain. Itulah orang yang mencintai dirinya. Bagi orang seperti itu, dirinya adalah sumber inspirasi hidup yang terus menerus memberi arti bagi perjalanan hidupnya.

            Kedua, orang yang bahagia dapat mengendalikan dirinya. Mungkin itu sebabnya ia lebih bermoral dan sehat. Orang yang mampu mengendalikan dirinya tentulah ia akan berpikir lebih matang, lebih dewasa, dan tindakannya akan lebih memberi mamfaat bagi orang-orang disekitarnya.

            Ketiga, ia optimis. Orang yang optimis akan memandang masa depan senantiasa dalam kaca mata positif, akibatnya ia selalu bersikap optimis memandang masa depan penuh kebahagiaan.

            Dan keempat, berkepribadian terbuka. Hal ini akan membuat orang menjadi lebih ramah dan murah senyum, makanya orang yang ramah dan murah senyum cenderung hidup bahagia.

            Orang yang bahagia juga cenderung menikah lebih cepat, mendapat pekerjaan yang lebih baik, dan mempunyai lebih banyak teman ketimbang yang tidak bahagia. Begitu pula sebaliknya, mereka yang cepat menikah, punya banyak teman, dan pekerjaan baik akan merasa lebih bahagia ketimbang yang memilih hidup membujang. Namun para duda atau janda ternyata lebih tidak bahagia ketimbang yang hidup sendiri.

            Selain itu orang yang punya banyak teman jarang ditemukan mati muda karena terserang penyakit. Begitu pula dengan yang rajin menjalankan perintah agama. Survei yang dilakukan terhadap 166 ribu orang di 14 negara menunjukkan bahwa kebahagiaan dan kepuasan hidup meningkat sebanding dengan tingkat keimanan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar