Sabtu, 04 Februari 2012

KIAT JITU BERPIKIR KREATIF


KIAT JITU BERPIKIR KREATIF

 

1.   Ingatlah kesuksesan di masa lalu, baik yang biasa maupun yang menakjubkan.

Jika pernah berhasil, kita tahu akan mampu melakukannya lagi. Ingatlah tentang hal itu pada saat menggarap suatu tantangan.

2.   Yakinlah bahwa hal ini bisa menjadi hari terobosan.

Jalani hari dengan keyakinan bahwa sesuatu dapat terjadi untuk mengubah segalanya. Dengan cara itu, jika sesuatu itu benar-benar muncul, maka kita akan siap menerimanya.

3.   Latihlah kreativitas dengan permainan-permainan mental.

Otak, seperti bagian tubuh yang lainnya, berfungsi lebih lancar jika selalu dijaga dalam keadaan prima. Inilah beberapa saran agar otak selalu prima :

-     Pikirkanlah kembali penggunaan barang-barang lama.

-    Lihatlah kejadian sehari-hari, dan susunan uraian kisah  tentang peristiwa-peristiwa yang memunculkannya.

-     Isilah teka-teki silang dan permainan kata lainnya.

-    Temukan peribahasa-peribahasa yang dapat kita gunakan untuk menjelaskan sesuatu pada seseorang.

-     Pikirkanlah berbagai cara untuk mengatakan hal yang sama.

-    Tontonlah acara televisi dengan mematikan suaranya, dan cobalah memperkirakan apa yang dikatakan orang dalam acara itu.

Kita juga dapat mencoba salah satu permainan mental yang ada di toko-toko.

4.   Ingatlah bahwa kegagalan membawa kepada keberhasilan.

Banyak ilmuwan dunia yang termashur bergelut dengan solusi-solusi gagal yang tak terhitung jumlahnya sebelum menemukan satu yang berhasil. Beranilah untuk mengambil resiko salah agar mencapai keberhasilan.

5.   Raihlah impian dan fantasi kita.

Seringkali mimpi dan fantasi merupakan hasil dari pikiran bawah sadar kita yang bekerja untuk mendapatkan solusi suatu masalah. Berikan nilai untuk hal-hal tersebut, walaupun semua itu tampak tidak berhubungan karena gagasan-gagasan aneh dapat memunculkan solusi inovatif dan revolusioner.

6.   Biarkan kesenangan memasuki berbagai segi kehidupan.

Bermainlah! Ini membuat sifat kanak-kanak dalam diri kita muncul dan memberikan wawasan segar. Kita pun akan menjadi lebih kreatif jika kehidupan kita seimbang antara bekerja dan bermain.

7.   Kumpulkan pengetahuan dari tempat lain.

Ketika bekerja dengan situasi yang menantang, lihatlah tempat-tempat lain dalam kehidupan kita dan cobalah untuk melihat kesamaan-kesamaannya. Mungkin sesuatu yang berhasil untuk suatu jenis masalah dapat digunakan untuk masalah yang sedang kita hadapi sekarang ini.

8.   Lihat situasi dari semua sisi.

Bayangkan diri kita secara fisik berada di bawah sedang menatap ke atas, dari atas melihat ke bawah, dari belakang melihat ke depan, dari dalam melihat keluar, dan dari sudut pandang semua pihak yang terlibat. Hal ini membuat kita mampu melihat situasi tersebut dari jendela-jendela baru dan dapat memberikan wawasan yang kita butuhkan untuk pemecahan masalah secara kreatif.

9.   Bebaskan pikiran dari asumsi.

Asumsi dapat menyembunyikan solusi.

10. Ubahlah posisi sesering mungkin.

Jika kita duduk di belakang meja, pergilah keluar dan berbaringlah di atas rumput. Atau, jika kita berada dalam ruang konferensi di kantor, bertukartempatlah dengan orang lain atau berdirilah. Mengubah posisi berarti mengubah pandangan terhadap berbagai hal, dan perubahan posisi mungkin akan menghasilkan perubahan sikap mental.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar